
Saat ini app
OnLive Desktop hanya tersedia di iTunes US/UK App Store yang dapat diunduh secara gratis dari
OnLive Desktop App Store.
App ini dilengkapi dengan desktop Windows 7, Word 2010, Excel 2010,
PowerPoint 2010, Calculator, Notepad, Paint serta Windows Media Player.
Ketika Anda buka
App Store untuk mencari app
OnLive Desktop dengan akun Apple ID (Indonesia) Anda – app tersebut
tidak tersedia di App Store Indonesia.
Anda harus akses
iTunes App Store US untuk mengunduhnya dan Anda harus memiliki akun ID Apple US (baca Tip
Membuat Akun iTunes USA Store Tanpa Kartu Kredit) untuk melakukannya.
Langkah 1. Selanjutnya, pastikan Anda
logout dari akun Apple ID Indonesia dan
login dengan akun Apple ID USA. Pilih
Settings > Store lalu tekan
ID Anda dan pilih
Sign Out. Kemudian pada layar yang sama, tekan
Sign In dan pilih
Use Existing Apple ID lalu masukkan
Apple ID USA baru Anda. Ketika Anda buka App Store, secara otomatis Anda akan dialihkan ke App Store USA.
Langkah 2. Pada iTunes US App Store, cari
OnLive Desktop laku klik
Install App untuk mengunduh dan menginstal OnLive Desktop.
Langkah 3. Sebelum dapat menggunakan OnLive Desktop, Anda perlu membuat satu akun
OnLive. Buka
Safari, lalu tampilkan situs
OnLive
(http://desktop.onlive.com/signup) untuk membuat akun baru (gratis).
Setelah Anda selesai membuat akun OnLive, Anda dapat login pada situs
OnLive (http://desktop.onlive.com/login) untuk mengatur akun Anda.
Langkah 4. Kembali ke layar
Home dan tekan ganda ikon
OnLive Desktop untuk menampilkan layar
OnLive Desktop.
Langkah 5. Masukkan email dan kata sandi Anda untuk login.
Langkah 6. Apabila Anda berhasil login, layar iPad Anda akan berubah menjadi desktop
Windows 7 dimana Anda dapat menggunakan app (eg. Word, Excel, PowerPoint, Calculator, Paint, Media Player) yang tersedia.
Langkah 7. Seterusnya, Anda juga dapat mengatur folder Anda seperti biasa Anda lakukan di Windows dengan
Documents atau membuat surat, laporan keuangan atau presentasi dengan
Word 2010,
Excel 2010 dan
PowerPoint 2010.
Trouble Shooting
Ketika Anda login atau menjalankan
OnLive Desktop, Anda mungkin akan mengalami beberapa kesulitan diantaranya sebagai berikut.
Network Quality Problem – Pastikan Anda memiliki
koneksi WiFi dengan kecepatan minimal 1 Mbps (1.5 – 2Mbps dianjurkan)
dan menggunakan iOS 4.3 atau lebih baru untuk mengakses Desktop OnLive.
Anda dapat menggunakan situs
Speedtest.net (http://www.speedtest.net/) untuk tes kecepatan koneksi Anda.
Network Test Failed – OnLive membutuhkan port
tertentu untuk terbuka untuk menyediakan koneksi sukses. Pada kebanyakan
router, Anda dapat membuka port yang dibutuhkan dengan mencari opsi
“Port Forwarding” atau “Port Triggering”. OnLive juga memerlukan port
UDP 16384 – 16640 dan port TCP 443 terbuka. Jika Anda tidak memiliki
akses ke router Anda, hubungi provider Anda untuk membuka port tersebut.
Network Problem – OnLive Desktop dapat terputus untuk salah satu alasan berikut.
Tidak aktif – Setelah 15 menit tidak aktif, Desktop OnLive akan memutuskan koneksi secara otomatis.
Kinerja – Jika kualitas koneksi internet turun di bawah 1Mbps,
peringatan akan muncul dan koneksi akan berhenti. Jika kualitas koneksi
membaik dalam waktu 5 menit, Anda akan dapat memilih untuk menyambung
kembali dan melanjutkan.
Koneksi Cellular Data Network – Jika Anda memilih koneksi Cellular Data Network dan bukan Wi-Fi – ia mungkin akan
timeout secara otomatis setelah 10 menit.
Duplicate Sign In – Hanya satu koneksi untuk setiap akun OnLive diperbolehkan pada waktu tertentu.
OnLive System Check Tool – Merupakan satu file yang Anda dapat mengunduh dari situs
OnLive System Check
ke komputer Anda. Bila Anda membuka file tersebut, ia akan meluncurkan
Wizard yang akan mengumpulkan informasi tentang komputer Anda yang dapat
membantu OnLive mendiagnosa masalah yang berkaitan dengan koneksi dan
kinerja komputer Anda.
Menggunakan iPad Anda akan bertambah lebih menyenangkan dan produktif dengan tersedia apps Office 2010!
Christopher Lee
Posting Komentar